Berkaca-kaca, Sri Mulyani Cerita Kenangan Bersama Rizal Ramli

Jakarta, CNBC Indonesia РMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tiba di rumah duka mendiang Ekonom Senior Rizal Ramli pada Rabu, (3/12/2024) sekitar pukul 16.35 WIB. Sri Mulyani menyampaikan bela sungkawanya dengan mata berkaca-kaca.

Sri Mulyani mengenang sosok Eks Menteri Keuangan era pemerintahan Gus Dur tersebut sebagai orang yang berjasa menjaga perekonomian Indonesia meski pandangannya sering bertentangan dengan kebanyakan orang.

“Kami atas nama Kemenkeu menyampaikan bela sungkawa duka kepada seluruh keluarga. Semoga beliau diterima oleh Allah di sisi terbaik dan tentu seluruh jasa beliau dalam mengurus, mengomentari, membawa dan ikut menjaga perekonomian Indonesia merupakan jasa yang diberikan balasan oleh Allah,” tutur Sri Mulyani dengan suara bergetar di Kemang, Jakarta Selatan.

Rizal Ramli dikenal sering memberikan pandangannya soal kebijakan ekonomi saat Sri Mulyani menjabat di Kementerian Keuangan. Sri Mulyani pun mengingat pertemuan fisik terakhirnya ketika ia hadir di Hari Uang Kemenkeu tahun 2019.

Selain sepak terjangnya sebagai ekonom, Sri Mulyani juga mengenang Rizal Ramli secara personal sebagai teman dekat kakak-kakaknya saat kuliah.

“Sebetulnya sama Pak Rizal Ramli itu hubungan lama banget karena beliau dan alm istrinya itu Bu Hera itu teman dekat sama kakak-kakak saya waktu Masih di ITB,” kata dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Rumah Duka Rizal Ramli. (CNBC Indonesia/Rosseno Aji Nugroho)

Sebagai informasi, Di Indonesia, Rizal mendirikan Econit (1992). Sebuah lembaga pengkajian ekonomi. Dari Econit inilah, Rizal menuai reputasinya. Ia banyak mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasakan tidak fair bagi masyarakat.

Namanya mulai familiar setelah dia menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001. Di tahun yang sama Rizal juga menjabat Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri.

Di era pemerintahan Presiden Jokowi, Rizal Ramli dipercaya menjabat sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia pada 2015 hingga 2016. Rizal Ramli dikenal sangat kritis saat menjadi Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia. Ucapan yang terkenal adalah ‘rajawali ngepret’ atau Raja Ngepret. https://darsalas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*