Ukraina Balas Dendam ke Putin, Rusia Dirudal!

Jakarta, CNBC Indonesia РPerang antara Rusia dan Ukraina belum juga usai. Dalam kabar terbaru, Moskow mengatakan Kyiv kembali menyerang wilayah Belgorod dengan rudal dan drone.

Menurut kementerian pertahanan Rusia dan pemerintah setempat, Ukraina meluncurkan 12 rudal dan beberapa drone pada Rabu dini hari di wilayah Belgorod di selatan Rusia.

Gubernur daerah Vyacheslav Gladkov mengatakan situasi terus tegang di Belgorod, di mana Rusia mengatakan 25 warga sipil, termasuk lima anak-anak tewas, dalam serangan Ukraina jelang tahun baru pada Sabtu (30/12/2023).

Peningkatan serangan Ukraina terhadap Belgorod selama periode Tahun Baru terjadi ketika Rusia melancarkan beberapa serangan paling intens terhadap Ukraina sejak perang dimulai hampir dua tahun lalu.

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di gedung apartemen yang hancur pasca serangan Rusia di Kyiv, Ukraina, Selasa, 2 Januari 2024. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Kyiv mengatakan pada Selasa bahwa Rusia telah meluncurkan lebih dari 300 drone penyerang dan berbagai jenis rudal di kota-kota di seluruh Ukraina sejak Jumat lalu.

Belgorod, seperti wilayah Rusia lainnya di perbatasan dengan Ukraina, sering mengalami serangan tingkat rendah sejak awal perang. Namun serangan pada Sabtu adalah yang paling mematikan. Presiden Vladimir Putin mengatakan hal itu “tidak akan dibiarkan begitu saja”.

Satu orang tewas dan tujuh lainnya terluka di wilayah tersebut pada Selasa, kata pihak berwenang Rusia. Dalam serangan Rabu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Ukraina menembakkan enam rudal balistik Tochka-U dan enam peluru kendali yang diluncurkan dari peluncur roket ganda berat Vilkha.

Gladkov mengatakan Ukraina juga meluncurkan beberapa drone di wilayah tersebut dan kota Belgorod, yang merupakan pusat administrasi wilayah tersebut. Namun hal ini tidak dapat diverifikasi secara independen dan belum ada komentar langsung dari Ukraina. https://zorozuno.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*