Daftar Maskapai & Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia, Ada Garuda?

Jakarta, CNBC Indonesia РPerjalanan dengan tepat waktu adalah salah satu pertimbangan terpenting yang diambil seorang pelancong sebelum memutuskan apakah akan memesan penerbangan berikutnya dari maskapai yang sama.

Hasil terbaru dari firma analisis data perjalanan Cirium mengungkapkan bahwa maskapai penerbangan paling tepat waktu tahun lalu dalam kategori global adalah Avianca Airlines dari Kolombia, yang mencapai tingkat kinerja tepat waktu sebesar 85,73%.

Posisinya kemudian diikuti oleh Azul Airlines dari Brasil (85,51%), yang kehilangan peringkat teratas. Qatar Airways berada di urutan ketiga dengan tingkat OTP 85,11%.

“Maskapai penerbangan global didefinisikan sebagai maskapai yang melayani di tiga wilayah setiap hari,” kata perusahaan itu, seperti dikutip CNBC International.

Kinerja tepat waktu suatu maskapai penerbangan dihitung berdasarkan apakah pesawat tiba di gerbang dalam waktu 15 menit dari waktu kedatangan yang dijadwalkan dan apakah pesawat berangkat dalam waktu 15 menit dari waktu keberangkatan yang dijadwalkan.

Maskapai penerbangan paling tepat waktu di Asia

All Nippon Airways (ANA)

Di Asia-Pasifik, maskapai Jepang All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL) mengklaim dua tempat teratas dengan tingkat kinerja tepat waktu masing-masing sebesar 82,75% dan 82,58%.

Thai AirAsia Thailand turun ke posisi keempat tahun lalu dari posisi pertama pada tahun 2022.

Maskapai penerbangan bertarif rendah India, Indigo, naik ke posisi keempat dari posisi kelima tahun lalu berkat ekspansi pesat perusahaan tersebut. Maskapai penerbangan yang memiliki ukuran armada dan pangsa pasar terbesar di India ini menjadi maskapai penerbangan India pertama pada tahun 2023 yang mengangkut 100 juta penumpang dalam satu tahun kalender. Laporan tersebut menunjukkan skor kinerja tepat waktu sebesar 82,12%.

“IndiGo benar-benar muncul sebagai pemain yang berpengaruh di APAC. Operasi mereka telah berubah sejak Covid,” kata David White, wakil presiden pengembangan bisnis di Cirium.

“Hal ini membuat ANA [All Nippon Airways] dan JAL [Japan Airlines] kehilangan uang mereka dalam hal kinerja tepat waktu,” kata White pada konferensi pers online menjelang rilis laporan tersebut.

Bandara paling tepat waktu

Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul adalah bandara paling tepat waktu di dunia pada tahun 2023. Hal ini diikuti oleh Bandara Internasional Rajiv Gandhi India di Hyderabad.

“Bandara di India tidak masuk peringkat 10 besar pada tahun 2022, dan lompatan besar ke posisi kedua ini berkat investasi yang cukup fenomenal,” kata Mike Malik, kepala pemasaran Cirium.

Berikut peringkat selengkapnya menurut Cirium.

Global

  1. Avianca Airlines – Kolombia
  2. Azul Airlines – Brasil
  3. Qatar Airways – Qatar
  4. Delta Air Lines – AS
  5. Iberia – Spanyol

Asia Pacific

  1. All Nippon Airways – Jepang
  2. Japan Airlines – Jepang
  3. AirAsia Thailand – Thailand
  4. IndiGo – India
  5. Air New Zealand – Selandia Baru

Eropa

  1. Iberia Express – Spanyol
  2. Iberia – Spanyol
  3. Norwegian Air Shuttle – Norwegia
  4. Austrian Airlines – Austria
  5. LOT Polish Airlines – Polandia

Bandara global

  1. Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul – Amerika Serikat (AS)
  2. Bandara Internasional Rajiv Gandhi – India
  3. Bandara Internasional Kempegowda – India
  4. Bandara Internasional El Dorado – Kolombia
  5. Bandara Internasional Salt Lake City – AS https://kreditmacet.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*